Tuesday, February 12, 2013

Awal Sejarah Terjadinya Perayaan Hari Valentine


Kata Valentine berasal dari nama seorang pendeta yang tinggal di Rhoma pada abad ke III. Ketika itu, ia tinggal di kerajaan yang dipimpin oleh seorang Kaisar Claudius yang dikenal dengan kekejamannya. Valentine sangat membenci Kaisar tersebut.

Claudius memiliki ambisi untuk memiliki pasukan militer yang besar, ia menginginkan seluruh pria di kerajaannya untuk bergabung ke dalam militer tersebut. Akan tetapi, sayangnya niat yang dimiliki Claudius kurang didukung karena ketika itu kaum pria enggan terlibat dalam peperangan.


Hal tersebut disebabkan karena mereka tidak mau jauh dari keluarga dan kekasih hati mereka. Mengetahui hal itu, Claudius marah besar, dia segera memberi perintah pada pejabatnya untuk menjalankan sebuah ide gila.

Yang terpikirkan oleh Claudius saat itu ialah bahwa apabila pria tidak menikah, maka mereka dengan senang hati akan ikut serta dalam militer yang dia lakukan. Kemudian saat itu juga Claudius mengeluarkan peraturan yakni dilarang adanya pernikahan. Dia berharap pasangan muda saat itu menilai ini keputusan yang sangat tidak masuk akal.

Akan tetapi, usaha keji Claudius kembali digagalkan oleh St. Valentine. Saat itu, Valentine tidak setuju untuk melakukan aksi gila yang dilakukan sang Kaisar. Tanpa adanya rasa takut, Valentine tetap menjalankan tugasnya sebagai seorang pendeta yakni dengan menikahkan para pasangan yang tengah jatuh cinta walaupun ritualnya dilakukan dengan rahasia.

Namun, sang kaisar mengetahui adanya pemberontakan dan ia pun langsung memberi peringatan keras pada Valentine. Tapi, usaha Kaisar tak membuahkan hasil lagi. St. Valentine tidak sama sekali memperdulikan peringatan tersebut dan tetap memberkati pernikahan dalam sebuah kapal kecil yang hanya diterangi cahaya lilin.

Hingga suatu malam, Valentine tertangkap oleh sang Kaisar saat dia sedang memberkati salh satu pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Claudius sangat murka pada Valentine dan menjebloskannya ke dalam penjara dengan vonis hukuman mati dengan cara dipenggal kepalanya.

Bukannya mendapat hinaan dari orang-orang, sebaliknya Valentine justru dikunjungi oleh banyak orang yang mendukung aksinya dengan cara melemparkan bunga serta pesan berisi dukungan di jendela penjara. Salah satu dari orang-orang yang percaya akan cinta kasih itu adalah putri penjaga penjara.

Sering kali mereka berbicara lama dan gadis tersebut mengembalikan semangat sang pendeta. Hingga pada hari saat ia dipenggal, tepatnya pada tanggal 14 Februari, St. Valentine menuliskan sebuah surat pesan untuk putri sipir penjara, ia menuliskan Dengan Cinta dari Valentinemu.

Segalanya berubah berkat surat tersebut. Hingga saat ini, setiap tanggal 14 Februari, orang dari berbagai belahan dunia melakukan perayaan pada hari Valentine tersebut sebagai hari kasih sayang. Dan orang-orang yang melakukan perayaan hari Valentine, mengingat St. Valentine sebagai pejuang cinta, sedangkan kaisar Claudius dikenang sebagai seseorang yang berusaha mengenyahkan cinta.

12 comments:

  1. Happy valentine day :) http://dokterfilm.blogspot.com/2014/02/100th-post-happy-valentines-day.html

    ReplyDelete
  2. Khayalan semata karena kan itu udah lama pasti kan loe juga tau dari cerita . cerita itu tak di jamin asli alias khayalan

    ReplyDelete
  3. Nitip ya bro

    onay.blog2an.com
    filmbokep.entot.net

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat untuk pengetahuan umum

    ReplyDelete
  5. Sumbernya kagak jelas dari mana alias khayalan.
    Emng lu (yg tulis cerita) hidup di masa si valentine ituitu
    #DongengšŸ˜

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete